Pendapat Kemenkes mengenai Outbreak Flu di Amerika Serikat

0 comments, 15/01/2013, by , in Rilis Sehat

Dirjen PP dan PL Kemenkes, Prof. dr. Tjandra Yoga AditamaSecara umum, memang ada peningkatan kasus influenza di Amerika Serikat (AS). Dari sejumlah 3.710 orang yang dirawat di rumah sakit akibat flu, 46% diantaranya berusia di atas 65 tahun.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, dalam surat elektroniknya kepada Pusat Komunikasi Publik Kemenkes RI (14/1).

“Amerika Serikat mengalami musim flu lebih awal. Saat ini cuaca di sana memang dingin”, ujar Prof. Tjandra.

Prof. Tjandra menjelaskan, jenis virus influenza yang ditemukan adalah Influenza A (H3N2); Influenza A 2009 (H1N1); dan Influenza B.

“Badan Litbangkes Kemenkes senantiasa mengamati virus influenza dari waktu ke waktu dalam surveilans laboratorium”, jelas Prof. Tjandra.

Prof. Tjandra menyampaikan, meski musim flu di Amerika datang lebih awal, namun belum ada implikasi secara internasional. Hingga kini, belum ada rekomendasi khusus dari WHO terkait masalah outbreak flu di AS ini.

“Saya mengharapkan agar para district surveillance officer (DSO) atau petugas surveilans Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk dapat memahami hal ini”, kata Prof. Tjandra.

Prof. Tjandra juga berpesan kepada semua masyarakat di seluruh daerah, untuk tetap waspada terhadap kemungkinan peningkatan Influenza Like Illness (ILI) di musim penghujan, serta melaporkan perkembangan ke Kementerian Kesehatan, melalui Posko Kejadian Luar Biasa (KLB) di nomor telepon (021) 4257125, SMS 0857-645-999-6 atau 7, dan alamat email poskoklb@yahoo.com.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jendral Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.ppid.depkes.go.id, dan alamat e-mail kontak@depkes.go.id.

About puskom

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>